Ticker

6/recent/ticker-posts

Relawan Gabungan Disiagakan Untuk Pengamanan Pendaki Gunung Lawu Malam 1 Suro Yang Meningkat Tinggi


KARANGANYAR, JATENG(Wartajawatengah.com)_  Ratusan pendaki melakukan pendakian ke Gunung Lawu bertepatan dengan momen peringatan 1 suro, melalui jalur pendakian Cemoro Kandang, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah, (08/07/2024).


Adanya tiga jalur pendakian Gunung Lawu yakni, via Candi Cetho, Kecamatan Jenawi, dan via Cemoro Kandang, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah serta via Cemoro Sewu, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur.


Petugas Basecamp Cemoro Kandang, Bambang menyampaikan, sudah tercatat ada 315 orang yang melalukan pendakian ke Gunung Lawu melalui Basecamp Cemoro Kandang, Pendaki tidak hanya berasal dari wilayah Solo Raya tapi juga pendaki luar daerah.


"Naik signifikan, tahun lalu itu tidak sampai 100 orang yang naik saat 1 suro. Mungkin ini karena libur panjang sekolah," Kata Bambang.


Bambang juga menuturkan, relawan gabungan telah disiagakan di tiap pos pendakian, untuk membantu manakala ada pendaki yang mengalami kendala di tengah perjalanan.


Koordinator Bidang Destinasi Disparpora Karanganyar, Nardi juga mengatakan, pendakian tidak hanya didominasi para pendaki biasa tapi juga pendaki Spiritual. Berdasarkan data jalur pendakian via Candi Cetho kurang lebih 350 orang yang melakukan pendakian Gunung Lawu,  bertepatan dengan momen 1 suro tahun ini.


"Tahun ini ada 350 an yang naik melalui jalur Candi Cetho," terang Nardi.



Di tempat lain Mantri Perhutani KPH Gunung Lawu, DS Supriyanto, mengatakan, hingga sore kemarin 7 Juli 2024, tercatat 500 pendaki via Cemoro Sewu.


“Para pendaki tidak hanya melakukan ritual, tetapi juga pendaki umum dan wisatawan, yang ingin menikmati keindahan Gunung 

Lawu,” ujar Supriyanto.


Menurutnya, jumlah pendaki meningkat pada, momen tahunan ini, apa bila dibandingkan bulan-bulan biasa selain bulan Suro.


Berdasarkan informasi dari Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Karanganyar, jumlah pendaki yang melakukan pendakian bertepatan dengan momen 1 suro tahun 2024, mengalami peningkatan signifikan dibandingkan dengan tahun lalu, 1 Suro 2023. Berdasarkan data pendakian Gunung Lawu  dari tiga jalur pendakian, yaitu Via Candi Cetho, Cemoro Kandang dan Cemoro Sewu, sekitar 1165 orang pendaki.


(Red/Pupung)

 

Posting Komentar

0 Komentar