Ticker

6/recent/ticker-posts
Slide 1 Slide 2

Karang Taruna Girisubo Mengadakan Road Show Srawung Pemuda Dan Gelar Event Pasar Tiban Guna Mendongkrak UMKM


GUNUNGKIDUL, DIY (Wartajawatengah.com)_Karang Taruna Girisubo menggelar Road Show Srawung Pemuda dan dongkrak UMKM serta pertunjukan seni jatilan didalam event Pasar Tiban UMKM Jogja Naik Kelas di depan balai Kalurahan Nglindur ,Kapanewon Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, Senin (10/06/2024).


Motto Karang Taruna 'Aditya Karya Mahatva Yodha' semakin bergema di Kapanewon Girisubo buktinya pada hari ini Minggu 9 Juni 2024, digelar Road Show srawung pemuda.


Ketua Karang Taruna Kapanewon Girisubo Sudiyanto,S.Pd.I, menyampaikan acara hari ini Karang Taruna Kapanewon Girisubo mengadakan acara Srawung Pemuda, terdiri dari delapan Kalurahan yang ada di Kapanewon Girisubo, Kabupaten Gunungkidul dengan dihadiri Lurah dan juga Panewu yang  diwakili oleh Jawatan Kemakmuran.


Inti dari acara tersebut adalah menampung berbagai program dari masing-masing Kelurahan dan juga masukan, saran serta motivasi untuk kedepannya agar lebih maju di tahun yang akan datang dan juga lebih terkoordinir untuk kegiatan-kegiatan yang akan datang. Selain itu ajang ini bertujuan untuk menyingkronkan  program-program baik dari Kapanewon dan juga Kabupaten.


" Untuk acara sore hari ini, kita mendapatkan fasilitas dari dana aspirasi dan juga di fasilitasi oleh Dinas Koperasi Kabupaten Gunungkidul yang dihadiri oleh Pak Wahyu Tri Atmojo,S.Pd, menggelar acara Pasar Tiban UMKM Jogja Naik kelas sebagai bentuk kreativitas Karang Taruna Girisubo peduli UMKM dan melestarikan Seni dan Budaya lokal ," jelas Sudiyono.


Lanjutnya, karena dalam hal ini ingin memberi ruang memberi kesempatan untuk UMKM supaya berkembang dalam memproduksi, mempromosikan sampai pemasaran. Sebagai bentuk sinergitas dari Dinas Koperasi tentunya kita mendapatkan fasilitas dan action dilapangan, untuk memperkenalkan UMKM lokal dengan produk halal.



Berkat kekompakan Karang Taruna se-Kapanewon Girisubo, kita menggelar roadshow Srawung Pemuda dan event Pasar Tiban, hal ini sangat membutuhkan pemikiran yang matang dari persiapan sampai pelaksanaan. Dapat disaksikan banyak stand UMKM, panggung hiburan sehingga pada akhirnya kita bisa menggelar acara hari dengan lancar dan sukses,tentunya berkat kerjasama yang baik.


"Selain itu kita regenerasi milenial Karang Taruna se-Kapanewon Girisubo menginisiasi untuk melestarikan seni dan budaya lokal,  dengan menampilkan pertunjukan pentas seni Jatilan Manunggal Putra. Harapan kedepanya mudah-mudahan Karang Taruna Girisubo lebih maju, solid lagi untuk kegiatan-kegiatan yang akan datang, dan juga bisa ikut berpartisipasi dalam berbagai bidang baik kesenian, UMKM dan kegiatan yang lain," imbuh Sudiyono.


Hal senada disampaikan Ketua Karang Taruna Kabupaten Gunungkidul Septian Nurmansah, S.Sn, ia sangat mengapresiasi kekompakan serta mensupport bahwa Karang Taruna se-Kapanewon Girisubo sangat luar biasa, sangat solid, maju dan kreatif.


" Pada hari ini kita dipertemukan didalam acara yang sangat luar biasa sekali yaitu roadshow Srawung Pemuda,disini kita bisa bertemu, manunggal, silaturohmi antar  Karang Taruna Kabupaten Gunungkidul dengan jaringan Karang Taruna Kalurahan di Kapanewon, menitik beratkan penguatan kelembagaan dan jaringan Karang Taruna. Di Kapanewon Girisubo Ini adalah roadshow Karang Taruna Gunungkidul yang ke 4 dengan target kegiatan di 18 Kapanewon kedepannya," jelas Sudiyono.


Didalam sharing session hari ini, setiap perwakilan Karang taruna kami beri kesempatan sharing kegiatan dan tantangan di Kalurahan Masing-masing. Hasil diskusi ini kemudian kami jadikan bahan masukan, dan kesepakatan bersama yang selanjutnya kami sampaikan kepada pemerintah Kalurahan  dan Kapanewon setempat untuk dapat ditindak lanjuti. 


" Ruang diskusi ini harapannya jadi solusi pemantik semangat, dan kepedulian baik masyarakat dan pemerintah Kalurahan dan Kapanewon terhadap kegiatan di Karang Taruna di Kabupaten Gunungkidul," Pungkas Sudiyono.


Acara roadshow Srawung Pemuda dan event Pasar Tiban UMKM, Jogja Naik Kelas, dihadiri Dinas Koperasi D.I.Yogyakarta Wahyu Tri Atmojo,S.Pd, Lurah M.Hanan Amshori,S.Ip, Ketua Bidang Hukum ,Advokasi, Kemitraan dan HAM Purwanti Subroto,SH,MH,MM, perwakilan Karang Taruna 8 Kalurahan se-Kapanewon Girisubo dan pengurus tim pelaksana event.


(Red/Mawan)

 

Posting Komentar

0 Komentar