Ticker

6/recent/ticker-posts
Slide 1 Slide 2

Kecelakaan Laut Nelayan Pencari Lobster Di Tebing Pantai Nguluran Girisubo

 


GUNUNGKIDUL, DIY (Wartajawatengah.com)_ Terjadi Kecelakaan laut perahu jungkung "Gama Putra 01" dihantam ombak, terjadi di tebing Pantai Nguluran, Kalurahan Pucung, Kapanewon Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, Kamis (06/06/2024).


Koordinator Satlinmas Rescue Istimewa Wil I, Sunu Handaka Bayu Sagara melalui sekertaris

Mutia Susilowati membenarkan adanya peristiwa laka laut tersebut, saat ini baru evakuasi pencarian korban.


"Iya benar ,ada peristiwa kecelakaan laut, ditebing pantai Nguluran. Saat ini tim baru evakuasi pencarian korban," jelas Mutia Susilowati.


Kecelakaan laut melibatkan Perahu Jungkung "Gama Putra 01" dengan Dua ABK yaitu, AW(44) Warga Sumberagung, Kalurahan Sumberagung, Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri dan TP(27) Warga Wonotoro, Kalurahan Pucung, Kapanewon Girisubo.


Kronologi kejadian, kedua korban berangkat pada pukul 14.30 Wib untuk memasang jaring lobster, namun sampai pukul 17.30 Wib, kedua korban belum juga mendarat didermaga Pantai Sadeng. Kemudian saksi (Anggota SAR) berinisiatif melakukan pencarian ketengah. Tak lama perjalanan dari dermaga Pantai Sadeng menuju kebarat tepatnya didepan tebing Nguluran (Barat Pantai Sadeng) menemukan sebuah tangki perahu mesin tempel yang diduga tangki tersebut adalah tangki perahu korban. Kemudian saksi  melaporkan kepada regu SAR Pantai Sadeng dan dilanjutkan pencarian hari pertama dimulai pukul 18.10 Wib hingga pukul 20.00 Wib.

Dilanjutkan evakuasi hari kedua Kamis 6 Juni 2024 dimulai pukul 05.00 Wib, dengan Perahu Jukung SAR Wil Ops 1,  dengan kekuatan 4 personil akan memulai Penyisiran dari Pantai Siung ke arah timur menuju TKP. 10 Perahu milik Nelayan Pantai Sadeng dengan kekuatan 2 Nelayan dan 1 anggota SAR di masing-masing perahu akan mulai melakukan penyisiran dari Dermaga Pantai Sadeng ke arah barat menuju TKP.



Pada pukul 06.10 Wib, Tim menemukan benda mencurigakan mengapung di sebelah pelampung jaring. Setelah didekati ternyata benda mencurigakan tersebut adalah salah satu korban TP(27) Warga Wonotoro, Kalurahan Pucung, Kapanewon Girisubo, korban ditemukan dalam keadaan meninggal dunia, Kemudian jenazah dievakuasi dan didaratkan di dermaga pukul 07.10 Wib, tepat tiba di dermaga. selanjutnya korban dibawa ke rumah duka dan diserahkan ke keluarga korban. 


" Sementara baru ditemukan satu Korban, Tim masih melanjutkan evakuasi satu korban yang belum ditemukan," Pungkas Mutia Susilowati.


(Red/ Eko Pras)



Posting Komentar

0 Komentar