Ticker

6/recent/ticker-posts
Slide 1 Slide 2

Touring Wisata Dengan Tema "Membangun Kebersamaan" Diharapkan Dapat Membantu Promosikan UMKM Dan Kuliner


Gunungkidul (Wartajawatengah.com) -Touring yang dikemas dengan tema "Membangun Kebersamaan", bertujuan meningkatkan kekompakan ASN Kapanewon  juga sebagai ajang promosi pengenalan obyek Wisata,UMKM dan Kuliner di gagas oleh Panewu Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, Kamis (09/05/2024).


Touring perdana menuju wisata kota Pacitan Jawa Timur diikuti karyawan-karyawati Kapanewon Saptosari, PKH, PLKB, Pendamping Kapanewon, TKSK. Kegiatan tersebut mendapat dukungan dari Kapolsek Saptosari AKP. Suyanto, menerjunkan beberapa anggota turut melaksanakan Touring bersama via, Jalan Jalur Lintas Selatan (JJLS) Gunungkidul menuju wisata Pacitan.


Panewu Saptosari Eka Prayitna,S.sos,MM menuturkan, touring wisata disamping membangun kebersamaan dan ajang promosi, diharapkan dapat menggairahkan Kembali perekonomian warga, menghidupkan Kembali kuliner dan UMKM yang selama pasca covid-19 belum sepenuhnya bergerak.


“Sekarang kita gerakan kembali agar perkembangan perekonomian masyarakat Kembali bergerak lebih baik, salah satunya kita promosikan wisata ke daerah lain agar pengunjung wisata semakin ramai dan dampak pertumbuhan ekonomi masyarakat berkembang dengan baik,” Tutur Eka.



Lebih lanjut ia memberikan ggambaran,  bahwa Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) merupakan jalur potensi untuk pertumbuhan ekonomi masyarakat pesisir Selatan melalui kuliner dan UMKM. Adanya beberapa potensi yang mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat seperti kerajinan tembaga, kerajinan perak, kerajinan bambu, kerajinan kulit (tas, dompet, gesper), pengolahan jamu dan aneka minuman, tradisional serta travel agen, angkutan wisata/shutelbus.


“Dampak plus dari JJLS sangatlah luar biasa.Selain bisa mempercepat akses transportasi juga bisa mengakses serta menjadi ajang promosi kuliner, UMKM, kerajinan bisa mendongkrak peminat wisatawan baik lokal maupun mancanegara,” Ujar Eka.


Menurut Panewu Eka Pratitna, S.sos,MM, wilayah Kapanewon Saptosari mempunyai sejumlah pantai yang perlu mendapatkan perhatian, dari 7 Kalurahan ada 2 Kalurahan yang memiliki Pantai seperti Kalurahan Krambilsawit memiliki 6 titik pantai.  Sedangkan Kalurahan Kanigoro mempunyai 12 titik Pantai, pantai-pantai tersebut sebagian besar sudah dikembangkan tetapi belum maksimal, masih membutuhkan sentuhan tangan-tangan terampil agar lebih menarik.


“Kapanewon Saptosari disamping memiliki wisata Pantai, juga memiliki wisata Edukasi yang perlu mendapat perhatian dari beberapa pihak, terutama inprastrukturnya agar destinasi wisata berkembang lebih baik,” Pungkas Eka.


(Red/Mawan)

Posting Komentar

0 Komentar